Senin, 24 Desember 2007

ILMU MENJADI KAYA

Judul Buku: ILMU MENJADI KAYA
Pengarang: Wallace D. Wattles
Penerbit: Bornrich Publishing, 2005
ISBN: 979-99343-0-3
Hal: 155+xii hal (11x18cm)
Harga: Rp25.000

Satu-satunya buku cara menjadi kaya dengan metode ilmiah sehingga kekayaan dapat diraih sepasti perhitungan matematis

Benar bahwa untuk menjadi kaya itu ada ilmunya. Dan Ilmu Menjadi Kaya yang dimaksud di sini adalah ilmu pasti sebagaimana aljabar atau aritmetika. Ada hukum-hukum yang berlaku pasti yang mengendalikan proses mendapatkan kekayaan. Sekali hukum-hukum itu dijalankan dengan berani dan konsisten, siapa pun pasti bisa mendapatkan kekayaan yang diinginkannya.

Jika Anda mengabaikan Ilmu Menjadi Kaya, hidup Anda akan terlantar. Anda tidak akan mampu memberikan yang terbaik bagi orang-orang yang Anda cintai. Dan Anda pun tak akan mampu melayani Tuhan sebaik-baiknya. Sebab, mustahil Anda mampu melayani Tuhan atau memberi sesuatu yang berharga kepada orang-orang lainnya jikalau Anda sendiri tidak mampu memberikan yang terbaik bagi hidup Anda sendiri.

Menginginkan kekayaan adalah hal yang sepenuhnya benar dan sempurna. Sudah semestinya jika Anda menaruh perhatian yang sepenuh-penuhnya pada Ilmu Menjadi Kaya. Sebab, inilah ilmu paling penting dan paling terhormat di antara ilmu-ilmu lainnya.

The Science of Getting Rich yang terbit pertama tahun 1910 adalah karya klasik dan terbaik dari Wallace D. Wattles. Inilah buku yang paling banyak menginspirasi orang dalam mendapatkan kekayaannya. Pengarang-pengarang buku legendaris generasi berikutnya seperti Napoleon Hill, Robert Schuller, Stephen R. Covey, Antony Robbins, dll begitu terinspirasi dan mengakui kehebatan buku ini. Jutaan orang berhasil mendapatkan kekayaan setelah menjalankan petunjuk-petunjuk buku ini secara berani dan konsisten.

Resensi:Sebuah Metode Ilmiah Meraih Kekayaan

Judul artikel di atas benar-benar provokatif. Tetapi demikianlah adanya yang diklaim oleh si penulis buku klasik ini. Wallace D. Wattles menulis buku Ilmu Menjadi Kaya pada tahun 1910 dan buku ini tetap menjadi salah satu referensi utama dalam buku-buku mengenai cara mendapatkan kemakmuran dan pengembangan diri. Tercatat tokoh seperti Napoleon Hill, Robert Schuller, Anthony Robins, dan Stephen Covey adalah mereka yang karya-karyanya begitu terinspirasi oleh buku tersebut.

Wattles mengklaim metode menjadi kaya yang ditemukannya itu ilmiah. Cara bekerjanya sama pastinya dengan ilmu aljabar atau aritmetika. Jika seseorang membuat perhitungan 2 x 2, maka hasilnya tidak mungkin selain angka 4. Itulah perhitungan ilmu pasti.

Nah, dalam metode menjadi kaya yang ditemukan tersebut, Wattles mengklaim bahwa jika seseorang, apa pun latar belakangnya, melakukan usaha-usaha di Jalan yang Tepat (The Certain Way) sesuai dengan petunjuk yang diberikannya, niscaya orang tersebut akan menjadi kaya. Dan metode yang ditemukannya tersebut tidak bisa gagal untuk membuat orang menjadi kaya

Dalam buku ini, Wattles berbicara panjang lebar mengenai pentingnya mental keberlimpahan sebagai dasar meraih kekayaan. Alam semesta ini dipenuhi dengan Substansi Tanpa Bentuk (Formless Stuff) atau Substansi Asal (Original Substance), suatu entitas yang mendasari eksistensi berbagai macam benda, wujud, ide, bentuk, dan ciptaan. Nah, keberadaan substansi tersebut tak terbatas. Karena keberadaannya yang tak terbatas itulah, orang yang ingin menjadi kaya melalui Jalan yang Tepat tidak perlu berebut, berkompetisi, atau saling mengalahkan untuk mendapatkan kekayaan.

Sebaliknya, meraih kekayaan melalui Jalan yangTepat berarti menempuh cara-cara kreatif, cara penciptaan, mengingat Substansi Asal pada dasarnya mewujudkan eksistensinya melalui penciptaan. Dengan dasar inilah, kekayaan bisa diciptakan melalui teknik visualisasi kreatif, yaitu mengembangkan gagasan dan citra mengenai wujud-wujud kekayaan yang kita inginkan menjadi semacam realitas yang kita rasakan dan alami secara konkrit. Pada tahap berikutnya, kita menghubungkan atau mengkomunikasikan gagasan dan citra kekayaan itu kepada Tuhan, supaya hal tersebut terwujud.

Tidak hanya berkutat pada landasan filosofis yang sangat penting tersebut. Wattles juga memberikan panduan-panduan praktis. Untuk meraih kekayaan, seseorang harus mampu mengerjakan apa pun pekerjannya secara efektif dan efisien. Tampaknya, inilah hukum utama dalam meraih kekayaan. Dalam berbagai lapangan bisnis dan kehidupan, tindakan yang efektif dan efisien akan mendatangkan hasil maksimal.

Prinsip utama lainnya adalah nilai tambah. Manusia pada dasarnya ingin memiliki hidup yang lebih baik. Sebab itu, siapa saja yang bisa memberikan peningkatan atau kehidupan yang lebih baik melalui nilai tambah yang diberikannya tersebut, maka dia sedang berada di Jalan yang Tepat untuk menjadi kaya.

Berikutnya, Wattles mengajak orang untuk secara cerdas menggunakan kekuatan kemauan dan kepribadian yang progresif untuk menggerakkan kehidupannya. Penggunaan kekuatan kemauan dan kepribadian dinamis-progresif yang tepat akan membawa orang pada kekayaan.

Salah satu pokok pikiran yang penting digarisbawahi dalam buku adalah tentang kekuatan daya kreatif. Buku ini mengingatkan kepada kita bahwa kekayaan sejati ditemukan melalui cara-cara kreatif atau penciptaan. Ini ditegaskan oleh bukti bahwa ilmu pengetahuan, penemuan-penemuan baru, teknologi, prinsip-prinsip, dan cara-cara baru selalu mendatangkan uang dalam jumlah yang besar.

Setiap hari kita bertemu dengan ciptaan-ciptaan baru, gagasan baru, kreatifitas baru, produk baru, dan informasi baru. Sadar atau tidak, segala ciptaan itulah yang membuat kehidupan ekonomi, politik, sosial, dan budaya terus berjalan.

Dan benar, segala hasil ciptaan itulah yang mendatangkan kekayaan.

Tidak ada komentar: