Minggu, 23 Desember 2007

MASTER YOUR MIND DESIGN YOUR DESTINY

Tentang Pengarang
TENTANG PENGARANG

Adam Khoo

Adam Khoo adalah seorang wirausaha, seorang penulis buku yang laris, dan pelatih pencapaian kinerja puncak. Sebagai jutawan muda pada usia 26 tahun, Adam memiliki empat perusahaan di bidang periklanan, event management, pendidikan dan pelatihan. Ia adalah CEO di Adam Khoo Learning Technologies Group Pte Ltd yang menyelenggarakan seminar-seminar dan program-program pelatihan bagi perusahaan multinasional dan individual di seluruh Asia. Ia merupakan penulis tiga buku laris, I am Gifted So Are You!, How to Multiply your Child’s Intelligence, dan Clueless in Starting a Business. Pada usia 29, Adam telah melatih 50.000 profesional, manajer, eksekutif, pebisnis, pendidik, dan mahasiswa dengan program-program belajar cepat, Neuro-linguistic Programming (NLP) dan startegi-strategi kinerja puncak. Ia juga pengembang program “Patterns of Excellence”, “Superkids”, dan “I Am Gifted So Are You!”. Pencapaiannya yang fenomenal sering mewarnai berita-berita di surat kabar dan media elektronik lainnya.

PENDAHULUAN

Penting sekali kita menguasai pikiran kita sehingga kita dapat merancang jalan hidup kita di zaman yang penuh pergolakan dan evolusioner ini.

Alkisah ada seorang profesor yang ingin menyusuri sebuah sungai. Ia lalu memanggil seorang tukang perahu setempat yang mau dibayar untuk membawanya menyusuri sungai.
Ketika perahu sudah bergerak menyususri sungai, sang profesor ingin menunjukan kepandaian dan pendidikannya yang tinggi. Ia lalu mulai menguji si tukang perahu yang sederhana itu.
Sambil mengangkat sebuah batu yang diambilnya dari tepi sungai, sang profesor dengan arogan bertanya kepada tukang perahu, ”Apakah kamu pernah belajar Geologi?” Tukang perahu memandangnya dengan bengong dan menjawab, ”Eh.... tidak.” Jangankan mempelajarinya, arti kata itu pun ia tidak tahu.
”Menurut kamu akan kehilangan 25 persen hidupmu!” kata sang profesor. Si tukang perahu merasa tidak nyaman atas hinaan tersebut tetapi ia terus mendayung.
Pada saat mereka semakin jauh menyusuri sungai, arus mulai semakin kuat dan kencang. Sang profesor mengambil selembar daun yang mengambang di sungai dan bertanya kepada tukang perahu, ”Tukang perahu, apakah kamu pernah belajar Botani?” Dengan bingung si tukang perahu miskin itu kembali menjawab, ”Tidak.”
Sang profesor mengeleng-gelengkan kepalanya dan berkata, ”Ck ck ck. Berarti kamu akan kehilangan 50 persen hidupmu.” Kemudian ia memberi tanda ke tukang perahu untuk terus mendayung. Ketika mereka terus menyusuri sungai, arusnya menjadi semakin besar, air bergerak lebih cepat, dan perahu mulai bergoyang.
Tiba-tiba sang profesor melihat deretan pegunungan. Sambil menuding ke deretan pegunungan itu, ia bertanya kepada tukang perahu, ”Apakah kamu tahu tentang Geografi?” Dengan perasaan rendah diri dan malu-malu, tukang perahu kembali berkata, ”Tidak.”
Sang profesor pun berkata, ”Sudah kuduga demikian. Berarti kamu akan kehilangan 75 persen hidupmu.”
Pada saat itu juga sungai menjadi bergolak kuat. Air sungai bergerak dengan liar sehingga tukang perahu tidak mampu mengendalikan perahunya. Dan tiba-tiba perahu yang sedang goyah itu membentur batu besar sehingga perahu bocor dan mulai tenggelam.
Saat itulah tukang perahu bertanya kepada sang profesor, ”Profesor! Apakah Anda dapat berenang?” Dengan ketakutan sang profesor menjawab, ”Tidak!”
”Berarti Anda akan kehilangan 100 persen hidup Anda!” kata si tukang perahu sambil melompat dan berenang menuju tepi sungai.
Seperti sungai tersebut, kita hidup di zaman yang berubah dengan cepat dan evolusioner. Apakah arus sungai kehidupan akan lebih kencang dan semakin tidak dapat ditebak? Anda pasti berani bertaruh! Ini baru sebuah permulaan.
Sesuatu yang dulu membutuhkan waktu satu dekade untuk berubah, sekarang ini akan terjadi hanya dalam beberapa bulan. Pikirkan ini: diperlukan 50 tahun untuk menemukan pita kaset untuk merekam. Kemudian diperlukan kurang dari sepuluh tahun untuk menemukan compact disk yang menggantikan pita kaset. Selanjutnya diperlukan waktu kurang dari lima tahun untuk menemukan mini disk. Sekarang diperlukan waktu kurang dari tiga tahun bagi MP3 untuk membuat semuanya itu menjadi kuno.


Bisnis jutaan dolar dapat bangkrut dalam semalam. Pada waktu yang sama, perusahaan kecil dapat menjadi pemimpin pasar dunia dalam waktu beberapa tahun saja. Begitu pula, seorang profesional dengan pengalaman bertahun-tahun dan nilai pasar yang tinggi dapat secara ekonomis tidak berjalan dalam waktu yang singkat. Mengapa?
Ekonomi yang baru sangatlah dinamis dan 80 persen yang Anda pelajari di sekolah akan menjadi kuno pada saat Anda lulus. Tiga puluh persen pekerjaan, perusahaan, produk, dan jasa yang ada saat ini, belum muncul satu dekade yang lalu.
Siapa yang pernah mendengar istilah chief information officer, website designer, technopreneurs, internet service providers, atau net nannies di tahun 1990-an? Begitu pula 50 persen pekerjaan yang ada saat ini, sepuluh tahun lagi tidak akan eksis seperti sekarang.
Pada kenyataannya, rata-rata orang akan melewati empat perubahan karier (bukan perubahan pekerjaan) sepanjang hidup mereka. Mengapa? Sederhana saja, pekerjaan yang mereka miliki dan perusahaan tempat mereka bekerja saat ini tidak akan bertahan dalam jangka panjang.
”Dunia harus berubah, dan para pemimpin adalah orang yang mengubahnya.”
Ini tampaknya merupakan sesuatu yang menakutkan. Tetapi ini juga merupakan sesuatu yang memungkinkan munculnya peluang-peluang yang sebelumnya tidak disadari oleh mereka yang akan mengubahnya! Dengan adanya perubahan, muncullah peluang besar. Pikirkan ini!
Sekarang ini jumlah jutawan dan miliuner jauh lebih banyak dibandingkan beberapa dekade yang lalu. Dan tidak seperti miliuner masa lalu yang sebagian berusia di atas lima puluh tahun, miliuner masa sekarang berusia tiga puluh tahun! Sekarang ini, dengan ide yang inovatif, Anda dapat memiliki bisnis bernilai jutaan dollar dalam waktu kurang dari sepuluh tahun. Lihatlah contohnya, Amazon.com, E-Bay, Oracle, atau Hotmail.
Apakah Anda memiliki perangkat untuk berenang di sungai kehidupan yang berubah secara dinamis ini? Apakah Anda akan mampu mengikuti gelombang zaman yang baru ataukah terjebak pada arus bawah yang mematikan?
Apakah Anda akan seperti sang profesor yang ia pikir tahu segala-galanya, tetapi tenggelam di sungai kehidupan yang nyata? Anda dan saya sama-sama tahu bahwa sukses akademik, pengetahuan, dan kepandaian bukanlah jaminan untuk sukses di zaman ekonomi baru ini. Bahkan, hal-hal tersebut bisa sangat kecil pengaruhnya.
Beberapa orang yang saat ini menggerakan dan menggoyang ekonomi baru adalah orang-orang yang putus sekolah, yang mempekerjakan ”para profesor” untuk menjalankan bisnis mereka. Bill Gates (Microsoft), Larry Ellison (Oracle), dan Richard Branson (Virgin Group) adalah orang-orang yang tidak pernah menyelesaikan sekolahnya.
Walaupun kualifikasi akademik dan pendidikan itu penting, namun tidak mencukupi bagi Anda jika Anda ingin berhasil di zaman yang bergolak ini. Orang-orang yang sukses saat ini bukan yang ber-IQ tinggi atau memiliki gelar-gelar panjang dibelakang namanya. Mereka adalah orang-orang yang memiliki pola-pola keunggulan tertentu.
Pola-pola keunggulan yang saya maksud di sini adalah kemampuan untuk menguasai sumber daya mental Anda dan mengeluarkan kekutan pribadi Anda. ini merupakan satu set keyakinan, sikap, dan perilaku yang dimiliki oleh individu yang secara konsisten akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Ini adalah kemampuan untuk menguasai hidup, mampu mengendalikan kondisi emosi, dan mengeluarkan potensi-potensi terbaik dari dalam diri Anda. ini adalah tentang bagaimana memiliki keluwesan untuk secara konstan belajar (learning), tidak belajar (unlearning), dan belajar kembali (relearning). Ini adalah kemampuan untuk membuat model dan meniru keunggulan orang lain dalam waktu singkat. Dan ini merupakan kemampuan yang secara konstan akan memberi respons dengan cara-cara yang memberdayakan terhadap kejadian-kejadian di sekitar kita.
Mereka tidak memiliki keahlian ”berenang” (para profesor, profesional, atau pun orang biasa) akan terus dikendalikan oleh lingkungan eksternalnya dan diatur oleh ketakutan akan perubahan dan sesuatu yang tidak dapat diduga.
Mereka akan berakhir sebagai korban yang frustasi dan tidak berdaya di tengah-tengah gelombang globalisasi, restrukturisasi, dan perubahan yang dahsyat. Mereka yang bisa ”berenang” dan menaiki gelombang akan mencapai kesejahteraan, kesuksesan, dan pemenuhan melewati batas imajinasi-imajinasi liarnya.
Melalui buku ini, Anda akan belajar cara melengkapi diri Anda dengan pola pikir, keahlian, dan pola-pola perilaku untuk mencapai hal-hal di atas. Anda akan dipersenjatai dengan pola-pola keunggulan sehingga Anda dapat menguasai pikiran Anda dan merancang jalan hidup Anda – bagaimanapun kondisi lingkungan eksternal Anda.

Pola-pola Keunggulan
1.Kita semua memiliki sumber daya mental yang kita perlukan untuk sukses. Kita hanya tidak mampu mengendalikan dan mengelola sumber daya tersebut.
2.Dengan memiliki sumber daya mental yang diperlukan. Anda akan menarik sumber daya fisik yang diperlukan.
3.kita semua memiliki neurologi yang sama -1000 milyar neuron (perangkat keras). Yang membedakan orang dalam hal kepandaian, pola pikir, dan pola perilaku adalah pola hubungan neuron yang terkondisikan oleh keadaan lingkungan di sekitar kita.
4.Jika kita dapat meniru cetak biru mental seorang Juara, kita juga dapat meraih kesuksesan seperti yang ia peroleh.

Formula Sukses Utama
5.Formula Sukses Utama



KEYAKINAN DAN NILAI-NILAI - TUJUAN - STRATEGI - TINDAKAN





6.Ada tiga cara kita menyikapi kegagalan:
a.Berkilah, menyalahkan orang lain, dan menyerah.
b.Terus mengulangi tindakan yang sama. Frustasi dan akhirnya berhenti.
c.Mencari umpan balik, menggunakannya untuk mengubah strategi, dan bertindak lagi. Mengulangi proses ini sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.
7.Fleksibilitas adalah kemampuan untuk terus mengubah strategi dan melakukan apa pun yang diperlukan sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Cara Mendapatkan semua yang kita Inginkan
8.Kebanyakan orang memiliki tujuan yang pada dasarnya hanya sebuah keinginan lemah. Sebagai akibatnya, mereka akan selalu menemukan alasan untuk tetap tinggal di dalam batas-batas kenyamanannya dan tidak melanjutkan usahanya.
9.Satu-satunya cara untuk memperoleh segala hal adalah dengan membuatnya sebagai sebuah keharusan.
10.Jika kita memiliki komitmen untuk melakukan apapun yang diperlukan, kita akan selalu menemukan jalan.
11.Kita semua memiliki tingkat harapan dan tingkat penerimaan. Kita cenderung menuju pada tingkat penerimaan kita.
12.Kita harus menaikan tingkat penerimaan dengan bergaul dengan orang-orang yang lebih unggul daripada kita. Mereka akan menginspirasi kita dan membuat kita merasa tidak puas.
13.Anda harus menempatkan diri Anda pada jalur yang tepat jika Anda ingin memperoleh sesuatu. Buatlah deklarasi kepada publik. Atau tempatkan diri Anda pada posisi di mana Anda merasa tidak punya pilihan lain selain sukses.
14.Kata-kata yang Anda gunakan mempengaruhi kerangka pikiran dan kondisi emosional yang Anda rasakan. Penggunaan kata ”harus” akan memicu motivasi dan perasaan untuk segera bertindak.

Kunci menuju kekuatan Absolut
15.Mengambil tanggung jawab mutlak dapat memberikan kita kekuatan untuk mengubah lingkungan.
16.Jika kita mencari pembenaran, menyalahkan orang lain, atau mengeluh, berarti kita melepaskan kekuatan dari tangan kita. Kita memainkan peran sebagai korban.
17.Banyak orang memilih berperan sebagai korban karena sudah tahu bagaimana reaksi orang nantinya. Dalam jangka panjang, ini akan memakan biaya lebih besar.
18.Kita harus mengambil tanggung jawab atas hasil yang kita peroleh, apa yang kita rasakan, dan cara kita berkomunikasi.
19.Makna dari komunikasi adalah respon yang Anda dapatkan, apapun tujuan komunikasi Anda. Teruslah mengubah cara komunikasi samapai Anda mendapatkan respon yang Anda inginkan.
20.Kita berkomunikasi melalui kata-kata (7%), nada dan suara (38%), dan bahasa tubuh kita (55%).
21.Agar banyak hal berubah, kita harus berubah terlebih dahulu.
22.Gunakan kata-kata ’Saya memilih’ dalam komunikasi Anda sehari-hari.

Kekuatan keyakinan yang Dahsyat
23.Keyakinan adalah sesuatu yang membuat orang biasa menghasilkan sesuatu yang luar biasa.
24.Keyakinan penghambat adalah sesuatu yang membuat kebanyakan orang, terlepas dari sumber daya internal yang dimiliki, terhambat dalam memperoleh sesuatu yang sebenarnya bisa mereka dapatkan.
25.Keyakinan menentukan apa uyang kita harapkan dari diri kita dan seberapa banyak yang kita peroleh.
26.Keyakinan kita mempengaruhi bio kimia dan kesejahteraan fisik kita.
27.Pikiran manusia tidak dapat membedakan antara pengalaman nyata dan pengalaman yang dibayangkan dengan kuat.
28.Kita dapat mencapai kinerja puncak dengan visualisasi kreatif.
29.Keyakinan tidak pernah mutlak benar. Ini merupakan pendapat dan generalisasi yang kita bentuk tentang diri kita dan dunia sekitar kita.
30.Apapun yang kita pilih untuk menjadi keyakinan kita, akan menjadi benar bagi kita.
31.Kita harus mengadopsi keyakinan yang memberdayakan dan menggantikan keyakinan yang membatasi kita.
32.Keyakinan tercipta dari pemikiran yang dipaksa oleh fakta atau kondisi yang ada.
33.Ada lima langkah untukmengubah keyakinan:
a.Temuka alasan yang cukup untuk mengubahnya;
b.Tantanglah bukti-bukti yang mendukungnya;
c.Buatlah keyakinan baru yang memberdayakan;
d.Temuka bukti-bukti baru yang mendukung keyakinan baru tersebut;
e.Lakukan langkah ke depan dan asosiasikan semua manfaat dari memiliki keyakinan baru tersebut.



Rahasia Kinerja Puncak
34.Kondisi emosional yang kita alami menggerakan perilaku dan tindakan kita. Pada gilirannya, tindakan kita menentukan hasil yang kita peroleh.
35.Individu-individu yang sukses merasa dipenuhi sumber daya setiap harinya.
36.Kita menciptakan sendiri kondisi emosional kita melalui representasi fisiologi dan internal kita.
37.Kita semua merepresentasikan hal-hal dengan cara berbeda dalam pikiran kita masing-masing. Kita harus secara sadar mengarahkan gambar dan suara yang kita mainkan dalam pikiran kita agar dapat menguasai pikiran kita.
38.Menguasai fisiologi kita adalah kunci menuju penguasaan kondisi emosional kita.
39.Kita dapat menciptakan kondisi emosi yang penuh sumber daya, setiap saat, dengan membuat model fisiologi kita di masa lalu, atau membuat model orang-orang yang memiliki keistimewaan dalam bidang tertentu.

Mengarahkan Otak Anda untuk hasil yang Optimum
40.Representasi atau penyajian internal adalah cara kita menyajikan apa yang terjadi pada diri kita dan di sekitar kita. Representasi internal adalah apa yang kita pikirkan dan bagaimana kita memikirkan ”lingkungan” kita.
41.Kita harus mengendalikan APA yang kita pikirkan dengan cara memfokuskan pada gambar mental dan suara yang memberdayakan kita menuju solusi berbagai kemungkinan.
42.Kita dapat mengarahkan BAGAIMANA kita memikirkan pengalaman kita dengan menggunakan submodalitas.
43.Submodalitas mirip papan ketik bagi otak kita. Setiap kondisi emosi memiliki struktur submodalitas spesifik yang terkait dengannya.
44.Kita dapat menggunakan submodalitas untuk:
Mengintensifkan pengalaman positif.
Menurunkan intensitas pengalaman negatif.
Mengubah apa yang kita rasakan menyangkut pengalaman tertentu dengan cara ”Pemetaan silang”.
45.Teknik Distorsi digunakan untuk menetralkan pengalaman negatif.
Pikirkan sebuah pengalaman buruk yang terus mengganggu Anda.
Mainkan sebagai sebuah film sampai selesai.
Mainkan film tersebut maju dan munduru dengan kecepatan tiga kali normal. Distorsikan submodalitas gambar dan suaranya sehingga terlihat dan terdengar lucu atau konyol.
Ulangi 5-8 kali.
Ujilah. Pikirkan lagi pengalaman buruk tersebut, dan bagaimana perasaan Anda sekarang?
46.Pola Swish digunakan untuk menghilangkan atau mengubah kebiasaan buruk yang membatasi kita.
Munculkan kebiasaan buruk yang ingin dihilangkan atau diubah.
Identifikasikan PEMICU yang membawa Anda pada pola Negatif tersebut.
Munculkan PERASAAN/PERILAKU YANG DIINGINKAN yang disebut BAYANGAN YANG DIINGINKAN.
Singkirkan BAYANGAN PEMICU jauh-jauh dan gerakan BAYANGAN YANG DIINGINKAN menuju Anda dengan KECEPATAN TINGGI sambil berteriak ”Whuush!”.
Ulangi 10-15 kali.
Ujilah dengan Melangkah ke Masa Depan.

JANGKAR: Keyboard untuk Emosi Anda
47.Bila Anda sedang berada pada sebuah kondisi emosi yang intens, dan sebuah jangkar diterapkan berulangan-ulang, kondisi emosi tersebut akan terkait secara neurologis ke jangkar tersebut.
48.Ada jangkar visual, auditori, dan kinestetik.
49.Kita dapat menanamkan jangkar dengan cara:
Masuk ke kondisi emosi yang intens.
Menerapkan jangkar pada puncak kondisi emosi.
Mengulang secara konsisten.
Mengujinya.
50.Kita dapat menghilangkan jangkar negatif yang membatasi gerak langkah kita dan menanamkan jangkar positif yang memberdayakan. Ada tujuh langkah:
Tentukan kondisi emosi negatif yang ingin dihilangkan.
Tentukan kondisi emosi positif yang diinginkan.
Munculkan kondisi positif dan buatlah jangkarnya.
Piculah jangkar-jangkar positif dan negatif secara bersamaan samapai pada puncaknya.
Hentikan jangkar negatifnya.
Teruskan menerapkan jangkar positif selama lima menit kemudian hentikan.
Ujilah.
51.Fobia tidak lebih dari sebuah jangkar takut akan sesuatu yang sangat kuat. Kita dapat menghilangkannya dengan enam langkah:
Ujilah kekuatan fobianya.
Buatlah beberapa jangkar positif yang penuh sumber daya.
Lakukan disasosiasi ganda.
Ubahlah representasi internal pengalaman masa lalu.
Kem,balilah berasosiasi dengan pengalaman tersebut.
Ujilah.

Tranformasi makna
52.Setiap kejadian memiliki banyak makna tergantung pada cara kita memandangnya (membingkainya).
53.Makna yang Anda pilih adalah makna yang Anda ciptakan.
54.Hukum Polaritas: segala sesuatu yang tampaknya sangat negatif, jika dipandang (dibingkai) dengan perspektif yang berbeda, akan menjadi sangat positif.
55.Memandang (membingkai) ulang adalah mengubah sebuah pengalaman negatif menjadi positif dengan mengubah cara pandang yang biasa kita gunakan.
56.Membingkai ulang Isi mempertanyakan, ”Makna apa lagi yang ada dari kejadian ini?” ”Bagaimana agar ini bisa menguntungkan?”
57.Membingkai Ulang Konteks mempertanyakan, ”Pada waktu atau di tempat yang berbeda, ini dapat memberikan keuntungan apa pada kita?”

NILAI-NILAI: Kekuatan Penggerak Anda
58.Keputusan dan tindakan kita digerakan oleh kehendak kita untuk bergerak menuju emosi-emosi positif, dan pada saat yang sama bergerak menghindari emosi-emosi negatif.
59.Emosi positif membuat kita bergerak mendekatinya disebut nilai-nilai Tujuan. Emosi negatif yang membuat kita bergerak menjauhinya disebut nilai-nilai Hindaran.
60.Kita masin-masing membuat peringkat yang berbeda atas nilai-nilai kita, sehingga kita mengambil keputusan dan bertindak secara berbeda pula.
61.Tujuan memberi kita arah untuk maju, sedangkan nilai-nilai lebih mirip bahan bakar yang membuat kita bergerak kearah tersebut.
62.Jika kita mengetahui nilai-nilai tujuan dan nilai-nilai hindaran pada diri seseorang, kita dapat memprediksi keputusan apa yang akan dibuatnya.
63.Jika kita dapat mengubah peringkat yang dibuat oleh seseorang atas nilai-nilainya, maka kita akan dapat secara dramatis mengubah perilakunya dan hasil yang akan dicapainya.
64.Jika kita dengan sadar mengubah nilai-nilai kita, kita dapat mempertahankannya dengan cara:
Membuat komitmen terhadap nilai-nilai baru ini.
Terus menerus berhubungan dengannya.
Memperkuatnya secara emosional dengan visualisasi.
Hidup dengan nilai-nilai baru ini.

Rancang Jalan Hidup Anda
65.Tentukan apa yang Anda inginkan secara spesifik. Hanya dengan demikian Anda akan dapat membuat strategi yang spesifik dan memusatkan semua usaha menuju padanya.
66.Sukses jarang sekali datang secara kebetulan. Sukses terjadi melalui sebuah rangcangan.
67.Yang membuat banyak orang menghindar dari perancangan nasib mereka adalah:
Keyakinan yang membatasi.
Mereka tidak tahu apa sebenarnya yang mereka inginkan.
Takut gagal.
Ketergantungan pada hidup yang mudah.
Keyakinan bahwa tujuannya tidak akan tercapai.


68.Kunci-kunci utama pencapaian tujuan:
Spesifik dan terukur.
Bergairah dan menggembirakan.
Tujuan yang melompat akan menciptakan ide-ide dan hasil yang melompat pula.
69.Anda harus merancang nasib hidup Anda untuk bidang-bidang:
Pengembangan Pribadi.
Sahabat dan keluarga.
Kekayaan dan gaya hidup.
Karier dan bisnis.
Kontribusi sosial.
70.Tujuh langkah Proses Mencapai Tujuan
a.Apa yang Anda inginkan secara spesifik? Kapan tenggat waktunya?
b.Siapa yang dapat Anda jadikan teladan?
c.Langkah-langkah tindakan spesifik apa yang Anda perlukan untuk mencapainya? Kapan tenggat waktunya? Buatlah jadwal dalam agenda Anda sekarang juga!
d.Sumber daya apa yang Anda butuhkan? (orang, uang, bakat, keahlian, dan lain-lain)
e.Sebutkan 3 langkah tindakan yang akan dilakukan dalam waktu 36 jam.
f.Mengapa Anda harus mencapai tujuan tersebut?
g.Visualisasikan tujuan tersebut setiap hari.

Cara Meniru Cetak Biru Kesuksesan Orang Lain
71.Kita semua memiliki neurologi yang sama. Jika kita dapat membuat model dan meniru cetak biru kesuksesan seseorang, kita dapat memperoleh hasil seperti mereka pula.
72.Kita dapat membuat model kesuksesan seseorang dal;an hal-hal:
a.Fisiologi.
b.Keyakinan.
c.Nilai-nilai.
d.Strategi mental.
73.Strategi adalah urutan tertentu dari pengalaman internal dan eksternal yang kita jalankan di dalam otak kita untuk menghasilkan sesuatu secara spesifik.
74.Kita memiliki strategi mental untuk segala hal termasuk perasaan dicintai, termotivasi, belajar, pengambilan keputusan, pembelian, makan, bangun pagi, dan lain-lain.
75.Strategi terbentuk oleh:
a.Isi: Pengalaman-pengalaman visual, Auditori, dan Kinestetik (internal dan Eksternal).
b.Jumlah: Submodalitas.
c.Urutan.
76.Kita mempelajari strategi untuk:
a.Membuat model seseorang yang telah memiliki kesuksesan.
b.Membuat model dari kesuksesan kita sendiri untuk mengulang kinerja masa lalu yang sukses tersebut.
c.Menolong seseorang untuk memanfaatkan strateginya untuk memperoleh sesuatu.
d.Merancang ulang strategi yang tidak efektif.
77.Kita perlu menemukan strategi orang lain yang sukses untuk:
a.Memanfaatkannya.
b.Merancang ulang.
c.Menanamkannya.
78.Kita dapat menanamkan strategi baru melalui latihan mental atau menggunakan Pola Swish.

Tidak ada komentar: